Jumat, 11 Oktober 2013

Etika sosial yang tidak baik di lingkungan sekitar

Minggu
Hari ini saya pergi ke luar kota ketika diperjalanan saya melihat banyak orang-orang pengemudi kendaraan bermotor itu menerobos lampu merah padahal lampunya belum hijau, melakukan hal tersebut adalah tindakan yang melanggar peraturan lalulintas. Sebab akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan seperti tabrakan dan sebagainya. Selama dijalan saya juga melihat mobil angkutan umum  yang tiba-tiba belok tanpa memberi tanda, sehingga motor dibelakang angkutan umum tersebut hampir saja menabrak angkutan umum tersebut. Kecerobohan supir angkutan umum tersebut sebaiknya dibuat pelajaran untuk semua pengemudi baik itu mobil maupun motor agar tidak membuat orang lain terkena bahaya.

Senin
Hari ini saya kuliah pagi karena ada praktikum. Ketika diperjalanan saya melihat banyak pengendara motor yang ditilang polisi karena tidak mematuhi peraturan. Dan ketika saya di lab teman saya ada yang makan disaat asisten lab sedang menerangkan. Dan ketika diruang kelas disaat dosen sedang menjelaskan ada beberapa mahasiswa yang ngobrol dan bercanda-canda dengan temannya.

Selasa
Seperti biasa hari ini saya ada kuliah ketika di perjalanan saya melihat segerombolan anak-anak smp yang berseragam sedang merokok dan puntung rokok nya dibuang sembarangan di pinggir jalan. Untuk anak-anak yang masih smp sangatlah tidak bagus untuk merokok, karena merokok dapat menyebabkan kecanduan. Dan saya juga melihat beberapa pengendara motor yang tidak mau mengalah sehingga menggunakan bahu jalan jika sedang macet, sehingga membahayakan bagi pengguna jalan kaki.

Rabu
Hari ini saya pergi mencari buku dengan teman-teman saya ketika saya sedang mencari buku ada tukang buku yang tidak ramah pas saya bertanya dengan tukang buku itu dia malah mengacuhkan. Dan ketika saya pulang naik kereta yang ramai sehingga banyak yang berdiri dan saya pun berdiri. Didalam kereta tersebut saya melihat ada ibu-ibu yang sudah agak tua berdiri, padahal ada anak remaja yang sedang duduk tetapi anak remaja itu tidak mau mengalah memberikan tempat duduk kepada ibu-ibu itu, malahan anak remaja itu pura-pura tidak melihat kalau ada ibu-ibu yang sudah agak tua berdiri.

Kamis

Ketika saya mengantar ibu saya ke pasar saya melihat pengendara motor mengendarai  motor secara ugal-ugalan dan dia juga tidak memakai helm. Sebaiknya peraturan lalu lintas itu dipatuhi agar kita selamat sampai tujuan dan juga tidak kena tilang oleh pak polisi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar